Pertolongan Pada Virus Brontok(P3VB)

Posted: December 6, 2007 in IT

Pernah ga dikerjain Sama yang namanya virus Brontok ????
Sumpah gw sama sekali belom tau menahu tentang keberadaan virus itu, yang jelas saat itu gw iseng2 ngebuka flashdisk cwek gw. Eh.. pas dibuka, di semua folder yang ada terdapat satu “folder” lagi dengan nama yang sama dengan folder induknya. Misalkan kita punya folder “glow” trus pas kita buka folder itu di dalamnya seolah-olah pasti ada folder dengan nama “glow” pula. Mula-mula sech gw ngak curiga soalnya gw terbiasa buka explorer dengan mode “Thumbnail”. Lalu pas folder itu dibuka, tiba-tiba kok tampilannya jadi laen… kita malah jadi dibawa ke folder “My Document” en gejala aneh lainnya, kaya minta konek ke internet, dll. En gw terus nyoba hal yang sama sampe beberapa kali. Then, akhirnya gw teringat kasus yang pernah gw hadapi dengan virus Kangen yang nyamar dengan icon Word XP. Terus pas Explorer gw dipindah ke mode “detail” langsung aja gw nyadar, ternyata folder itu cuman tipuan doang…! Sebenarnya dia adalah “application” dengan ukuran 40KB dengan icon Folder. Karna penasaran Gw coba utak atik “msconfig”… Eh Komp gw malah restart sendiri…! So, gw putusin langsung masuk windows lewat safe mode. Tapi anehnya hal yang sama terjadi ketika gw masuk ke msconfig. Bingung en BeTe tentu aja menyelimuti perasaan gw yang hancur saat itu…😉 Terus Gw coba “Search” file-file dengan ektensi *.exe. Hasilnya ada beberapa file Folder gadungan yang kena tangkap, en akhirnya gw hapus. Lalu pas komp di restart, trus gw “msconfig” lagi, Komp gw masih tetep komplen, dia restart lagi. akhirnya Hardisk gw cabut en gw scan di komp tetangga gw pake Avg 2005 . Hasilnya NIHIL….Akhirnya setelah beberapa jam kontemplasi gw akhirnya punya ide cemerlang. Gw coba ngebalikin kondisi komp gw ke semula pake “System Restore” (Start ? All Program ? Acessories ? System Tools ? System Restore) dan ternyata Komp gw kembali sehat wala’fiat seperti sediakala. Hmm… Lucu juga ya…?Sebagai penutup, gw punya saran biar kita ngga lagi dikerjain ama virus lokal murahan kaya Pesin, Kangen en Brontok:1. TELITI. Jangan sekali-kali membuka file ato folder di Window Explorer dalam mode“Thumbnail”. Biasakan melihat isi komp pake mode “Detail” trus lihat kolom “type”. Pastikan jenis file yang kita buka sesuai dengan yang kita inginkan. Dalam hal ini Virus Brontok memakai teknik Social Engineering yang canggih….! Dia pake icon Folder dangan nama yang akrab dengan mata kita.
2. RAJIN. Kalo kamu ditakdirkan punya komp yang cepet ga kaya punya gw, cepetan install AVg 2005…! Terus jangan lupa download update virus devinitionnya . Virus Brontok bisa takluk dengan update AVg. Jangan lupa juga kita mesti rajin-rajin bikin check point dengan fasilitas system restore di Windows XP.
3. TENANG, ga usah grasak-grusuk kala ngadepin virus jail kaya Brontok tar malah stress lagi. Stay Cool aja en pikirin cara terbaik bt ngadepinnya. Buktinya, setelah sedikit mikir, gw akhirnya bisa ngatasin virus ini hanya dengan “System Restore” (Makanya paksain pake Windows XP). Logikanya setelah Folder-folder hantu itu kita hapus, rohnya kan masih gentayangan di registry, so, cara tercepat buat ngebalikin kondisi registry komp kita hanyalah dengan System restore ini.
Oke… Mungkin itu saja tulisan dari gw, moga-moga ada gunanya bagi semua ya….

Comments
  1. firman says:

    mas… bagus banget nih tipsnya, masih ada tips yang lain gak ???? tolong kirim ke e-mail yah….please….!!!

Leave a Reply

