FInal Cut PRo

Posted: January 10, 2008 in Broadcast

Final Cut Pro adalah sebuah aplikasi software Profesional non-linear editing dikembangkan oleh Macromedia Inc. dan selanjutnya Apple Inc. Final Cut Pro 7 bekerja di komputer personal Mac powered by Mac OS X version 10.5.6 atau versi yang lebih baru dan menggunakan Intel processors. Ini sebuah modul dari produk Final Cut Studio. Software ini mempermudah pengguna untuk log dan capture video ke hard drive (internal maupun eksternal) dimana software ini bisa menyunting, memproses, dan outputnya bisa dalam berbagai variasi format

Diawal 2000an, Final Cut Pro mulai mengembangkan dan memperluas pengguna baru, terutama penghobby video dan pembuat film independent. Beberapa tahun belakangan, mencari kelemahan dengan film dan editor TV yang memakai Avid Technology‘s Media Composer. Berdasarkan study SCRI pada 2007, final cut menguasai 49% pasar pengguna editor profesional Amerika,dan Avid 22%. Survey 2008 oleh American Cinema Editors Guild placed pengguna Final Cut Pro 21% (meningkat dari survey sebelumnya oleh group ini) dan sisanya tetap dengan Avid system.

Fitur

Final Cut Pro menyediakan non-linear, non-destructive editing dari QuickTime kompatibel format video termasuk DV, HDV, P2 MXF (DVCProHD), XDCAM, and 2K format film. Ini di mendukung komposisi track video secara serempak (sebagian besar dibatasi oleh format video dan kapabilitas hardware) mencapai 99 audio track, multicamera editing untuk kombinasi video dari multiple camera, seperti halnya standard ripple, roll, slip, slide, scrub, razor blade and time remapping fungsi edit. Ini termasuk cakupan video transisi dan cakupan video dan audio filter seperti keying tools, mattes dan vocal de-poppers dan de-essers. Dan juga memiliki 3jalur manual color correction filter, videoscopes dan selection of generators, seperti slugs, test cards dan noise.

Versi terbaru dari Final Cut Pro adalah versi 7. Dianggap berintegrasi paling baik dengan aplikasi professional Apple lainnya dan peningkatan dukungan codec untuk editing HD, DV dan SD video formats, termasuk encoding presets untuk device seperti iPod, Apple TV, dan Blu-ray discs. Teknologinya disebut DynamicRT dikembangkan dari RT Extreme technology yang dirilis bersamaan dengan Final Cut Pro 4. DynamicRT memudahkan multistream effect architecture secara real-time, yang mana untuk pengaturan kwalitas gambar dan frame rate saat diputar bisa diatur untuk menjaga efek secara realtime. Contoh : saat memutar video berkapasitas besar secara simultan ini akan berjalan secara realtime, rubah ke dalam mode yang akan menurunkan kwalitas saat diputar, maka semua preview akan ditampilkan secara realtime. Komputer mampu mengembalikan ini secara otomatis kekwalitas asli (jika video ini disaksikan terus-menerus). Final Cut Pro juga mendukung format video yang tercampur (antara resolusi dan framerate) di timeline dengan dukungan realtime.

Final Cut Express

Di tahun 2003, Apple meluncurkan Final Cut Express, versi yang lebih murah dari Final Cut. Ini menggunakan penghubung yang sama dengan Final Cut Pro, tapi memiliki banyak kekurangan untuk tool spesifikasi film dan untuk pilihan setingan tingkat mahir, fitur yang sedikit untuk editor non-profesional.

Pada Januari 2005, Soundtrack dan LiveType, sebelumnya hanya tersedia di Final Cut Pro, telah ditambahkan ke Final Cut Express, dan penambahan fitur untuk menyunting gambar HDV. Soundtrack sebelumnya telah dihapus dengan Final Cut Express 4. Projek Final Cut Express bisa di import ke Final Cut Pro tapi tidak untuk sebaliknya.

INTERFACE

Tampilan Final Cut Pro, terlihat jendela Viewer, Browser, Timeline, dan Canvas.

Final Cut (Pro maupun Express) didesain sederhana (non-computerised) dengan alur kerja editing, dengan empat jendela utama mengorganisir metode tried-and-trusted, melihat dan menyunting kaset atau media film.

Browser adalah tempat dimana bahan media file (klip) terdapat.

Viewer berfungsi untuk menyimak dan memotong, ini merupakan tiruan monitor untuk system editing berbasis kaset.

Canvas merupakan tiruan ‘programme’ monitor di systems, dimana materi editing dapat disimak.

Timeline, tempat dimana media dipotong bersamaan (disusun) kedalam sequence, merupakan tiruan dari editing film atau master kaset dari system terdahulu. Juga terdapat jendela toolbox kecil dan dua indikator audio level untuk channel audio kanan dan kiri.

Diantara Viewer dan Canvas terdapat shuttle interface (untuk variable kecepatan, fordward atau backward dalam klip) dan Jogging interface (untuk ketelitian frame per-frame).

BROWSER

Jendela Browser Final Cut Pro.

tabs paling atas membantu pengguna dalam beberapa ‘project bins’ atau Effect bin. Juga untuk peringatan disclosure arrows ke bagian kiri dari ikon bin yang membantu pengguna dalam navigasi menuju level multiple bin dan klip.

Sebagai aplikasi editing digital Non-liniar, Browser tidak terhubung ke system file komputer. Ini keseluruhannya adalah ruang virtual untuk refrensi klip, dan berfungsi untuk kemudahan akses, dapat disusun dalam folder yang disebut bin. Berisi refrensi klip yang terdapat di media drive computer, jika file aslinya dipindahkan atau dihapus akan merusak link antara isi Browser dan media sebenarnya. Hasilnya akan terjadi situasi yang disebut ‘media offline’ dan harus dikoneksikan kembali. Final Cut Pro dapat mencari media itu sendiri atau pengguna mengkoneksikan kembali secara manual. Saat beberapa klip offline bersamaan, Final Cut dapat mengkoneksikan kembali semua file secara bersamaan jika satu file terkoneksi dan file yang lain lokasi penyimpanannya sama dengan file pertama.

Browser memiliki sebuah ‘effects’ tab yang berisi video transisi dan filter dapat dijelajah dan di drag kedalam klip atau di sela-sela pertemuan dua klip.

CANVAS

Jendela Canvas. Centang hijau (atas tengah) mengindikasikan level luma dan chroma masih dalam broadcast-safe.

Canvas menunjukan gambaran isi timeline. Untuk menambahkan klip ke timeline, selain dengan cara mendrag file tersebut ke timeline, klip juga bisa di-drag dari Browser atau Viewer kedalam Canvas, itu dinamakan ‘edit overlay’. Edit Overlay memiliki tujuh zona tumpukan, klip dapat di drag untuk menujukan editan yang berbeda. ‘Overwrite’ edit, situasi ini akan terjadi saat file yang di-drag ke timeline menumpuk file yang sebelumnya. ‘Insert’ edit, file yang di drag ke time line membuat ruang sendiri dengan membelah dan secara otomatis menggeser file yang sudah ada tanpa menumpuk atau menghilangkannya. ‘Replace’ edit, menggantikan klip di timeline dengan klip yang baru di-drag. ‘Fit to fill’ edit penjelasannya sama, tapi saat bersamaan ini juga mengatur kecepatan playback dari klip yang di-drag, dan semua itu akan tepat dengan ruang yang tersedia di timeline. Terakhir adalah ‘superimpose’ edit yang secara otomatis men-drop klip diatas track (di timeline) dengan durasi sama dengan klip dibawahnya. Kecuali jika in atau out point sudah di set, semua akan sesuai keinginan dari posisi playhead di timeline.

Menggunakan wireframe view di Canvas, klip bisa memanipulasi secara langsung, men-dragnya disekitar Canvas untuk mengganti posisi, contohnya untuk merubah ukuran. Kontrol pengaturan yang tepat untuk ini ada di viewer.

VIEWER

Jendela Viewer.

Viewer mempunyai tab untuk masing-masing channel klip yang diseleksi. Audio tab, disini waveform audio dapat dilihat, volumenya pun dapat diisi keyframe. Filter tab, didalamnya terdapat efek video yang settingannya dapat diatur dan di-keyframe. Jika yang diseleksi adalah generator (contohnya oval shape), dikontrol tab tersedia untuk merubah geometrical properties. Terakhir tab motion berisi tool untuk mengatur skala, opacity, cropping, rotasi, distorsi, , drop shadow, motion blur dan time remapping property. Mini timeline disebelah kanan parameter memudahkan memasangkan keyframe untuk property.

TIMELINE

 


Jendela Timeline. Klip dapat di-edit bersamaan di dalam timeline yang disebut sequence. Sequence dapat dipasang di samping sequence lainnya, itu membuat filter atau transisi dapat dipasang ke klip yang di-group. Timeline Final Cut Pro bisa sampai 99 video track yang terus menumpuk keatas.

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s