99% Malware tertuju pada Android

Posted: December 16, 2012 in IT

Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk merangkum segala kejadian di tahun yang akan kita lewati. Berbagai evaluasi ditahun 2012 Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk merangkum segala kejadian di tahun yang akan kita lewati. Berbagai evaluasi ditahun 2012

Seperti juga tahun-tahun sebelumnya, Vaksin.com  perusahaan penyedia antivirus  ”kembali mengadakan seminar evaluasi dan tren malware yang dilaksanakan pada medio November 2012 ini.

Menurut Alfons Tanujaya (antivirus specialist, Vaksin.com), kejahatan internet saat ini lebih mengarah kepada motivasi finansial dan sialnya yang menjadi korban lebih ke masyarakat awam. Jadi kita merasa sangat penting mengedukasi masyarakat awam. Apalagi saat ini, yang banyak terjadi adalah kejahatan internet yang memanfaatkan ketidaktahuan pengguna internet.

Alfons menganalogikannya seperti piramida makanan. Kalau di piramida makanan, urutan dari puncak ke bawah adalah macan, rusa, dan rumput.

Nah, dalam pengguna internet urutan puncak ditempati oleh peretas (hacker), lalu teknisi, dan paling bawah adalah orang awam. Celakanya mereka (orang awam) jumlahnya yang paling banyak, tukas Alfons. Sebagai contoh adalah kasus online shopping yang mencatut kata * Batam *. Sebanyak 99% situs yang mengatasnamakan Batam online itu ternyata palsu, korbannya pun banyak.

Agar kejadian seperti itu tidak terjadi lagi, menurut Alfons hal yang perlu dilakukan adalah edukasi kepada pengguna internet awam. Terlebih saat ini media sosial banyak digunakan penjahat dunia maya untuk menjebak korbannya.

Langkah yang pertama bisa melalui edukasi pelacakan nomor telepon, dalam hal ini pengguna diajarkan untuk tidak percaya begitu saja dengan nomor telepon yang ditampilkan pada sebuah situs online shopping. Yang kedua adalah edukasi si pemilik akun agar dapat menjaga keamanan akunnya. Sedangkan langkah yang ketiga adalah melalui pemanfaatan Keypass Password Safe.

Langkah ketiga mungkin cocok digunakan bagi pengguna yang hobi menggunakan satu password untuk semua akun. Ya, menggunakan satu password untuk semua akun tentu sangat berbahaya. Jika saja ada satu akun kena hack, maka akun lainnya kemungkinan besar akan kena hack juga, mengingat password yang digunakan sama.

Jadi, melalui Keypass Password Safe, pengguna cukup mengingat satu password saha, setelah itu semua password dari masing-masing akun akan diingat oleh Keypass. Bagusnya ini bisa digunakan untuk BlackBerry, Android, dan Linux, jelas Alfons.

Berdasarkan data dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), rata-rata situs yang menjadi korban hack adalah yang berekstensi .com, blogspot, dan .cc.

Alfosn membeberkan, web .co.id tidak ada yang menjadi korban hack 100%. Hal ini disebabkan untuk membuat web .co.id membutuhkan persyaratan yang melibatkan identitas pemilik web itu sendiri.

Hal lain yang tak kalah penting direedukasi menurut Alfons adalah dengan mengajarkan pengguna awam menggunakan e-mail lokal. Â Pasalnya jika menggunakan e-mail lokal, jika suatu saat e-mail terkena hack akan lebih mudah mengembalikan datanya.

Sementara bagi perusahaan, cara mencegah yang paling jitu adalah dengan memperkuat sisi sekuriti, seperti back up data atau enkripsi.

Menurut pria yang hobi kuliner ini, tren di tahun 2013 mendatang akan lebih memilih Android sebagai target serangan. Jadi, relevansinya ke Android cukup besar. Sementara di tahun 2012 ini, penjahat dunia maya lebih memfokuskan serangannya ke media sosial (Facebook dan Twitter) dan malware antara negara, seperti Stuxnet, Flame, dan Duqu.

Hufftttt……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s